Konsep Kerja Mesin Lift Barang




Konsep Kerja Mesin Lift Barang pada sistem gearless atau geared yang biasa digunakan oleh instalasi gedung dengan ketinggian menengah dan yang tinggi, yakni kereta elevator tergantung di ruang luncur yang dikaitkan oleh beberapa sistem hoist ropes. Dalam sistem tersebut biasanya akan menggunakan dua puli katrol dan sebuah bobot pengimbang. Bobot pengimbang / bobot kereta menghasilkan traksi yang memadai antara puli katrol dan hoist ropes, sehingga puli katrol menggenggam hoist ropes tanpa selip berlebihan. Kereta dan bobot kereta bergerak sepanjang rel yang vertikal agar keduanya tidak berayun-ayun.

Untuk membuat konsep kerja mesin lift barang, dilakukan dengan cara mengoperasikan pergerakkan mesin elevator terletak di atas ruang luncur kereta. Untuk memasok listrik ke kereta dan menerima sinyal listrik dari kereta diperlukan sebuah kabel listrik multi were untuk menghubungkan ruang mesin dengan kereta. Cara kerjanya dengan memastikan ujung kabel terikat dengan baik pada bagian kereta penggerak.




Sistem Kerja Untuk Jalur Lift Dan Ruang Mesin Di Atasnya


Mesin geared memiliki motor dengan kecepatan tinggi dan drive sheave yang dihubungkan dengan poros motor melalui gigi-gigi di kotak gigi. Hal ini berguna untuk mengurangi kecepatan rotasi poros motor menjadi kecepatan drive sheave rendah. Mesin gearless memiliki motor kecepatan rendah dan puli katrol penggerak di hubungkan langsung ke poros motor.


Sistem Penggerak Elevator Atau Lift Dengan Gearless


Untuk penggerak lift dengan gearless diperlukan sebuah sistem dari hedrolik. Yang mana, hedrolik banyak digunakan dan diaplikasikan pada gedung berinstalasi rendah. Sistem keretanya akan dihubungkan ke bagian atas dari piston panjang yang bergerak naik dan turun di dalam sebuah silinder. Kereta bergerak saat oli dipompa ke dalam silinder dari tangki oli, sehingga mendorong piston naik. Kereta turun saat oli kembali ke tangki oli.


Aksi pengangkatan dapat bersifat langsung (ketika piston terhubungkan ke kereta ) dan bisa juga bersifat roped (ketika piston terikat ke kereta melalui rope). Kedua cara tersebut memerlukan proses pengangkatan yang dilakukan oleh pompa motor untuk mengangkat kereta ke elevasi yang lebih tinggi sehingga membuat kereta mampu melakukan pekerjaan.

Nah, dari sini apakah Anda sudah mengerti tentang konsep kerja mesin lift barang? Cukup ribet kan? Apalagi proses pembuatan hingga pengaplikasiannya juga akan memakan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, serahkan saja tugas dan tanggung jawab tersebut kepada Bengkel Cargo Lift. Kami selalu siap dan sigap untuk memenuhi keinginan Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Cara mengoperasikan lift barang

Mengenal Sistem Keamanan Lift Barang

Perbedaan Hoist Dengan Katrol