Kapan Lift Barang Harus Diganti?



Di gedung-gedung bertingkat kini marak sekali penggunaan lift, mall, perusahaan dan bangunan-bangunan lain. Tidak dipungkiri penggunaan lift memberikan imbas positif yang luar biasa. Pasalnya dengan adanya lift dapat mempersingkat waktu perjalanan lantai ke lantai, apalagi jika membawa barang besar dan berat, lift barang akan sangat membantu. Nah Anda tidak mau kan lift barang di gedung kepunyaan Anda berubah manfaat dari yang positif menjadi negatif karena usia dari lift barang. Karenanya artikel ini akan memberitahukan Kapan lift barang harus diganti. Berikut ini ulasannya.



Lift barang sudah harus di cek secara rutin tepat setelah mulai dioperasikan. Kenapa? Karena lift satu ini dikhususkan memuat barang dengan dimensi ukuran dan berbeda-beda. Karena sering mengangkut beban berat tersebut, akan sangat diperlukan pemeriksaan, pelumasan, ataupun servis tiap bulannya. Tujuanya mengantisipasi kerusakan ataupun kecelakaan pada lift. Nah mengenai Kapan lift barang harus diganti, pertama apabila komponen dari lift terjadi aus, sesegera mungkin harus diganti. Karena lift merupakan rangkaian, yang apabila terjadi kerusakan pada salah satu komponen berimbas kepada yang lain.

Bukan hanya lift barang yang harus diganti, jika tidak ada perhatian kepada tempat dimana lift dijalankan pasti memberikan pengaruh kepada kinerja lift barang. Bangunan pastinya melemah termakan usia, karenanya penting dilakukan pemeriksaan.

Apabila lift barang dalam setahun terjadi macet sebanyak lebih dari 3 kali. Anda wajib menghubungi pihak yang ahli dalam perbaikan lift, yang nantinya manganalisa apakah lift barang akan diservis atau diganti.

Sebelum melangkah ke penggantian suku cadang lift barang, ada hal yang sebaiknya diperhatikan dan dilaksanakan guna memastikan lift barang bebas masalah dan aman digunakan walau sudah berusia puluhan tahun, seperti berikut :

  • Pengecekan dan perawatan lift barang sesuai schedule dari pihak penyedia servis, biasanya sebulan 1 kali.
  • Pengecekan oli pada guide rail dan kabel sling, apakah dibutuhkan pelumasan lagi atau tidaknya.
  • Pengecekan ukuran kabel slling apakah masih sesuai dengan sangkar ataukah kabel sling melar.
  • Pemeriksaan mesin yang ada di dalam motor penggerak.
  • Pemeriksaan rem atau sering disebut brake pada lift.
  • Pengecekan semua sensor keselamatan pada lift barang, cek pintu lift barang, mengecek beban overload.


Bila semua langkah tadi telah Anda lakukan namun kinerja lift barang belum juga membaik seperti sebelumnya, alangkah lebih baik Anda menghubungi dan berkonsultasi dengan tenaga ahli. Penggantian pastinya lebih mahal dari perawatan. Namun jangan pertaruhkan keamanan lift barang anda demi penghematan.

Jadi itu dia pembahasan Kapan lift barang harus diganti. Ulasan di atas dapat dijadikan rambu-rambu ya! Terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Cara mengoperasikan lift barang

Mengenal Sistem Keamanan Lift Barang

Perbedaan Hoist Dengan Katrol