Mengenal Sistem Keamanan Lift Barang



Semua peralatan yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan kita seharusnya memiliki sistem keamanan yang terjamin, agar selain fungsi kemudahan yang kita dapatkan juga keselamatan saat menggunakannya. Seperti halnya lift barang juga harus memperhatikan faktor keamanan, meskipun yang diangkut hanya barang dan bukan orang. Nah pada kesempatan kali ini ikita akan sama-sama Mengenal sistem keamanan lift barang yang sudah menjadi standar dalam perancangan pembuatan lift di setiap tempat.



Peralatan pengaman utama serta sistem keamanan pada lift barang antara lain :

1. Alat pengindera serta pembatas kecepatan (governor)

Alat ini berfungsi untuk mengatur bekerjanya alat pengaman kereta atau car safety device. Selain itu governoor ino juga dilengkapi dengan pemutus control listrik, jika terdeteksi kecepatan kereta pengangkut barang melampaui batas yang telah ditentukan maka alat ini akan segera memutuskan aliran listrik dari control panel.

2. Sakelar pelamban laju kereta (slow down switch) dan sakelar pembatas lintas kereta (limit switch)

Untuk Mengenal sistem keamanan lift barang, selanjutnya ada dua komponen yang berfungsi sebagai pengaman batas laju perjalanan kereta yang letaknya ada di ujung bawah maupun di ujung atas yang fungsinya untuk mencegah terjadinya over travel lift apabila pengangkut barang telah sampai pada batas perjalanan terakhir ke atas maupin ke bawah.

3. Rem otomatis

Pengaman lift dipasang pada kereta dan bisa mencegah kecelakaan apabila ketika rem motor tidak berfungsi atau tali kawat pada cangkangnya tiba-tiba putus. Komponen pengaman ini melekat pada kereta dan tidak dibuat untuk ke arah atas. Jika pada arah ke atas, rem motor difungsikan untuk menghentikan kereta saat kondisi darurat saja. Pada operasi normalnua, rem motor hanya digunakan sebagai rem parkir untuk menahan kereta saat berhenti di salah satu lantai. Namun, saat terjadi kondisi darurat, rem mesin otomatis akan menahan kereta agar tidak terjatuh meluncur ke bawah.

4. Kunci kait (interlock)

Pada setiap pintu kereta dan pintu ruang luncur, keduanya harus bersinergi dan bisa diatur secara otomatis, hal ini dimaksudkan agar pintu kereta dan pintu ruang luncur hanya bisa terbuka jika kereta telah berada pada batas yang telah ditentukan dari permukaan lantai perhentian.

5. Penyangga dan peredam (buffer)

Letaknya terdapat pada lekuk dasar ruang luncur yang berfungsi untuk meredam gaya tumbukan kereta dan/atau bobot imbang yang mungkin akan jatuh bebas, terdapat 2 macam komponen yaitu : komponen Penyangga hidrolik atau peredam dan Penyangga pegas atau penyangga masip kenyal.

6. Emergency stop switch

Pada lift barang terdapat sakelar darurat yang bentuknya serupa gagang atau tombol berwarna merah yang digunakan pada saat terjadi hal darurat saja.

Itulah tadi pembahasan kita tentang Mengenal sistem keamanan lift barang, setiap pebrik pembuat lift memiliki standar sendiri tentang peralatan pengaman serta peralatan pendukung lainnya dan tentunya tidak bertentangan dengan peraturan serta ketentuan yang berlaku.

Comments

Popular posts from this blog

Cara mengoperasikan lift barang

Perbedaan Hoist Dengan Katrol